Tuesday 5 February 2013

RILIS: LINUX MINT 14 CODENAME “NADIA”

“From freedom came elegance” 


Siapa yang tidak kenal linux? sistem operasi yang dikenal dengan “security“nya yang handal. Linux adalah sistem operasi yang Open Source atau dengan kata lain kita bebas mengubah apa saja yang ada didalamnnya, tidak heran jika Distro Linux sangat banyak.


Mungkin distro yang paling kita kenal dulu adalah Ubuntu, namun ternyata Linux Mint telah menggeser posisi Ubuntu dan menempati urutan pertama, coba check distrowatch.com




Yup, Linux Mint untuk saat ini sudah release sampai ke versi 14 dengan codename “Nadia” dan memiliki 4 edisi berbeda, yaitu Mate, Cinnamon, KDE, dan Xfce. Untuk saat ini saya akan membahas tentang edisi yang Mate saja karena kebetulan edisi Mate lah yang saya pakai.





Linux Mint ini menurut saya sangatlah ringan dan stabil, dengan RAM pas pasan dan VGA apa adanya. Untuk softwarenya sendiri, Linux Mint 14 Mate ini menyediakan Firefox sebagai aplikasi kita untuk berseluncur di dunia maya, Pidgin internet messenger untuk chatting, thunderbird mail dll.


Untuk Office sendiri, Linux Mint 14 Mate ini menyediakan LibreOffice yang menurut saya tidak berbeda jauh dengan MSOffice.


Untuk video/audio player, Linux Mint 14 Mate ini sudah menyediakan VLC, Banshee, Gnome MPlayer dll. (LINUX MINT 14 MATE pun terbagi 2, ada yang sudah dengan CODEC dan ada yang belum)


Nah bagaimana dengan Hardware support? alias driver? beruntunglah bagi mereka yang sudah support semua. Saya sendiri termasuk orang yang kurang beruntung karena Webcam, WiFi, dan modem smartfren AC682 saya belum terbaca sepenuhnya oleh Linux Mint 14 Mate ini, tapi dengan sedikit usaha mencari di forum forum akhirnya saya menemukan dan berhasil menyalakan Webcam, WiFi dan modem smartfren AC682 saya. Jika ada yang ingin ditanyakan mungkin bisa googling atau ke saya, mungkin saya bisa membantu sedikit.

Tambahan:
Benarkah Linux tidak ada virus yang mampu menembus? tidak benar. Sudah banyak virus Linux yang beredar, tapi tidak usah khawatir, karena itu sangat jarang sekali untuk bisa masuk ke Linux kita, biasanya virus bisa berkerja hanya karena aplikasi Wine (aplikasi dari Linux untuk menjalankan aplikasi Windows), virus tersebut tidak akan berkembang biak seperti di OS “Jendela”, hanya akan berkembang biak di daerah aplikasi Wine tersebut, solusinya hanya Reinstall saja winenya. Tak ada gading yang tak retak, tentu semuanya memiliki kelemahan dan kelebihan, saya sendiri tetap menyimpan Windows 8 saya (dual-boot) karena Windows pun tetap dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi yang tidak bisa dijalankan di Linux sendiri.

Tapi percaya atau tidak, Linux tetap OS yang paling aman.

Tertarik dengan Linux Mint 14 “Nadia” ini?

Download Link

(Untuk dual-boot dengan Windows, cara mudahnya yaitu download file ISOnya, extract dan jalankan file mint4win.exe di partisi yang bukan system Windows anda ,contoh: sistem win anda di C:, maka extract di D: dan jalankan disitu) dan lanjutkan proses instalasi seperti biasa.


Selamat Mencoba.

No comments:

Post a Comment